Sabar Pasti Berbuah Manis dan Berwujud Indah..



Assalamu'alaikum sahabat blogger..

Hhmmm..
Saya sedang mempelajari ilmu "sabar". Terkadang tidak masuk akal jika kita harus mengambil sikap sabar. Namun, terkadang tak ada pilihan lain selain bersabar..

Apakah sama 'pasrah' dan 'sabar'? Saya rasa tidak, pasrah ketika kita tidak sanggup lagi untuk berbuat sesuatu, sehingga biasanya berujung memasrahkan segala sesuatunya kepada Allah, asal percaya bahwa Allah tidak pernah tidur..  Sabar, menurut saya, menahan sesuatu hal tanpa menggunakan emosi, akal sehat terus berjalan dengan mengeluarkan pikiran-pikiran positif untuk merencanakan aksi selanjutnya..

Ternyata 'sabar' harus berdampingan dengan 'ikhlas'..
Ketika seseorang telah bersabar dan berakhir kurang memuaskan menurutnya, maka yang timbul pasti amarah dan bisikan syaitan lainnya.. Pernah dengar "Sabar tuh ada batasnya!!".. Sebenarnya tiada batas asal hati kita lapang.. 

Setiap mau berbuat sesuatu harus dipersiapkan dengan baik dan sudah siap menerima risiko yang terbaik dan terburuk, rasa ikhlas-lah yang kita entry pertama kali di hati dan pikiran.. Jika kita sudah mempersiapkan hal yang terburuk, selanjutnya adalah membuat planning alternatif untuk memperbaiki hal terburuk tersebut..Jika tak ada satupun yang berhasil, rasa ikhlas sudah kita tanamkan dari awal dan ber-khusnudzon(prasangka baik)-lah kepada Allah bahwa Dia sedang mempersiapkan kita kepada hal yang terbaik dari yang kita rencanakan, entah untuk di dunia bisa juga untuk di akhirat, amiin.. ^_^

Hidup kita jauh lebih tenang dan terbebas dari segala macam penyakit hati.. Tidak ada menyalahkan orang lain..

Ini pun terjadi dalam hidup saya, banyak yang saya impikan namun belum terwujud, justru Allah memberikan segala nikmat lebih dari yang saya minta waktu dulu.. Ketika rasa kecewa di-replace dengan sabar, ikhtiar, dan tawakal menghasilkan sesuatu yang luar biasa dalam hidup saya.. Semakin dekat dengan-Nya, semakin diuji oleh-Nya, bersabarlah, dan luar biasa nikmat yang diberikan-Nya..Tidak selalu berupa materi, lebih dari itu.. Hhmmm..

Subhanallah.. Alhamdulillah yah.. ^_^

2 komentar,,(^0^)8:

  1. sabar amaat penting dalam kehidupan...

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas komentarnya Mas Fendy..

    saking pentingnya, orang yang ahli sabar termasuk ahli syurga,, asal sabar itu untuk hal-hal kebaikan..

    BalasHapus

 
Nadya Chaerunnisa Blog Design by Ipietoon