Butterfly Effect

 
BUTTERFLY EFFECT







Sebelumnya saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Kak Nadia Liz yang telah meminjamkan bukunya yang luar biasa berjudul "The Secret of Heaven" karangan Herry Nurdin. Ada tulisan pada cover yang membuat saya (bahkan temen-teman) tersentil (bahkan tersentak).. Tulisan panjang yang ada pada cover tersebut berisi seperti ini..


Surga meminta tebusan yang tak murah. Kesadaran yang tinggi. Amal yang besar. Keberanian yang tak kenal gentar. Dan lebih dari segalanya, surga meminta ketakutan dan cinta kita pada Tuhan Semesta Alam. Siapkah Anda Meraihnya?



(...saya langsung speechless...dan...termenung...)
Dari setiap babnya yang dahsyat menyentuh, saya tertarik dengan bab Butterfly Effect.. Beliau
menuliskan  "Sekecil apa pun keputusan yang kita ambil, selalu memiliki kaitan dengan yang lain, apa pun itu. Bisa jadi hidup orang lain. Bisa jadi peristiwa lain. Bisa jadi besar, bahkan tak terbayangkan. Satu kepakan lembut dari seekor kupu-kupu, bisa berarti badai tornado yang akan datang di tempat lain."
 
Ternyata Butterfly Effect adalah istilah untuk sebuah teori Chaos. Istilah ini merujuk pada sebuah pemikiran bahwa kepakan sayap kupu-kupu di hutan belantara Brazil dapat menghasilkan tornado di Texas beberapa bulan kemudian. Fenomena ini juga dikenal sebagai sistem yang ketergantungannya sangat peka terhadap kondisi awal. Hanya sedikit perubahan pada kondisi awal, dapat mengubah secara drastis kelakuan sistem pada jangka panjang. Jika suatu sistem dimulai dengan kondisi awal dua maka hasil akhir dari sistem yang sama akan jauh berbeda jika dimulai dengan 2,000001 di mana 0,000001 sangat kecil sekali dan wajar untuk diabaikan. Dengan kata lain: kesalahan yang sangat kecil akan menyebabkan bencana dikemudian hari.

Teori Chaos adalah teori yang berkenaan dengan sistem yang tidak teratur seperti awan, pohon, garis pantai, ombak, an lain-lain : random, tidak teratur dan anarkis. Namun bila dilakukan pembagian (fraksi) atas bagian-bagian yang kecil, maka sistem yang besar yang tidak teratur ini didapati sebagai pengulangan dari bagian-bagian yang teratur. Secara statistik: Chaos adalah kelakuan stokastik dari sistem yang deterministik. Sistem yang deterministik (sederhana, satu solusi) bila ditumpuk-tumpuk akan menjadi sistem yang stokastik (rumit, solusi banyak). sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Efek_kupu-kupu

Saya jadi berfikir bahwa kunci dari apa yang terjadi selama ini adalah rentetan dari apa yang saya lakukan sebelumnya. Berefek langsung maupun jangka panjang. Dimulai dari niat sampai dievaluasi. Ya..NIAT. Titik dari semua awal kegiatan dan kejadian.. Allah akan mengabulkan apa yang kita niatkan.. Berhati-hatilah kawan me-manage  hati.. karena  Sekecil apa pun keputusan yang kita ambil (yang berasal dari niat dan prinsip kita sendiri), selalu memiliki kaitan dengan yang lain, apa pun itu. Bisa jadi  berkaitan dengan hidup orang lain. Bisa jadi peristiwa lain. Bisa jadi besar, bahkan tak terbayangkan.
So,,keeping your HEART !!

2 komentar,,(^0^)8:

  1. W-O-W,,,,WOwwww,,,!!

    bermanfaat sekali nadia,,, jujur,,, dr dulu gw tuh nyari arti teori Chaos,,, tapi lupa mulu',mo buka mbah google,, iseng buka blog,, eh ada ternyata di postingan nadya,, hee,,

    betul-betul,,,mendadak tertegun baca kalimat yang di tanda petikin gede itu,,,

    BalasHapus

 
Nadya Chaerunnisa Blog Design by Ipietoon